Penyebab dan Cara Mencegah Insomnia - SehatQ.Com


Insomnia merupakan salah satu gangguan kesehatan yang dialami banyak orang di dunia. Insomnia ini biasa ditandai dengan kesulitan untuk tidur di malam hari, atau kalaupun sudah bisa tidur tiba tiba terbangun di tengah malam dan tak bisa tidur lagi. Orang yang mengalami insomnia terkadang juga tidak stabil emosinya yang ditandai dengan mudah marah. Dan tanda lain dari orang menderita insomnia adalah kurang mampu untuk berkonsentrasi ketika melakukan sesuatu.


Menurut info penyakit yang ada di web SehatQ.Com insomnia ini disebabkan oleh berbagai hal. Mulai Dari faktor lingkungan seperti suasana yang terlalu bising, tempat tidur yang tidak nyaman entah itu terlalu panas ataupun terlalu dingin, lingkungan yang kotor dan lain sebagainya. Faktor gangguan fisik seperti kelelahan, jet lag, sakit hingga gangguan mental seperti stress juga bisa menjadi penyebab timbulnya insomnia. Bahkan perubahan pola tidur pun bisa menyebabkan insomnia.


Mungkin banyak orang yang menyepelekan insomnia ini, karena pada sebagian besar kasus insomnia hanya dialami sementara dan dalam jangka waktu pendek, dalam hitungan hari sudah sembuh sendiri. Akan tetapi ada beberapa kasus di mana insomnia ini menjadi berkepanjangan dan tak sembuh sembuh.


Padahal insomnia yang berkepanjangan ini menurut artikel yang ada di SehatQ bisa mengakibatkan banyak kerugian bagi orang yang mengalaminya. Selain berkurangnya tingkat konsentrasi, beberapa gangguan medis lain pada tubuh bisa terjadi karena insomnia berkepanjangan. Beberapa gangguan tersebut diantaranya adalah darah tinggi, diabetes melitus, kejang, serangan asma, dan penyakit jantung. Yang kesemuanya itu merupakan jenis penyakit yang cukup berat dan berbahaya.


Tak hanya merugikan kesehatan fisik, insomnia yang berkepanjangan juga bisa menggangu kesehatan mental. Umumnya orang yang kurang tidur akan mengalami rasa cemas yang berlebihan. Dan jika hal tersebut didiamkan saja bisa menimbulkan gangguan mental yang lebih parah seperti depresi misalnya.


Karena sedemikain berbahayanya insomnia yang berkepanjangan ini maka tentunya jika kita mengalaminya kita perlu untuk segera mengobatinya. Kita bisa memeriksakan diri ke dokter umum yang ada untuk nantinya bisa dirujuk. Kita bisa dirujuk ke dokter spesialis saraf jika memang insomnia yang terjadi pada kita disebabkan oleh gangguan saraf. Atau bisa juga dirujuk ke psikiater ataupun psikolog jika insomnia yang terjadi disebabkan oleh gangguan mental seperti karena stress yang berlebih misalnya. 


Dan untuk kita yang belum atau tidak mengalami insomnia ada baiknya melakukan beberapa upaya pencegahan agar tidak mengalami insomnia. Beberapa upaya pencegahan yang bisa dilakukan misalnya dengan cara berikut ini:

  1. Usahakan tetap menjaga ritme  waktu tidur dan waktu bangun secara konsisten setiap harinya, termasuk juga ketika weekend.

  2. Lakukan kegiatan baik itu bekerja, bersosialisasi dan yang lainnya secara wajar. Hal ini akan membantu kita untuk tetap bisa tidur nyenyak.

  3. Jika kita sedang sakit dan harus mengkonsumsi obat obatan, usahakan menggunakan obat yang tidak menyebabkan insomnia.

  4. Batasi lamanya waktu tidur siang. Tidur siang 1 jam rasanya sudah cukup karena jika kelamaan saat malam akan sulit tidur.

  5. Batasi minuman yang mengandung kafein dan jangan merokok, karena kedua hal tersebut bisa menjadi penyebab sulit tidur.

  6. Hindari makanan dan minuman berat sebelum tidur

  7. Buat kamar tidur Anda nyaman untuk tidur

  8. Lakukan kegiatan kegiatan yang bisa membuat tubuh merasa rileks dan santai sebelum tidur, seperti mandi air hangat, membaca, atau mendengarkan musik lembut


Author: admin dig

Just another HTMLy user.